Legenda Dewi Tsukuyomi Jepang

Tsukuyomi diambil dari kata Tsuku (月) yang berarti Bulan (atau bisa juga dibaca sebagai bulan dalam tahun seperti Januari, Februari, dan selanjutnya). Di era modern, kata Tsuku diubah menjadi Tsuki, yang juga tetap saja berarti Bulan. Nama belakangnya ada beberapa versi, kemungkinan pertama diambil dari kata Yomi (読み) yang berarti menghitung atau membaca. Versi berikutnya mengatakan bahwa namanya dibaca Tsukuyumi, atau yang berarti Busur Bulan. Karena julukan nya tersebut Tsukoyomi di kenal sebagai dewi bulan dalam legenda jepang. Dari saudara antara Amaterasu, Susanoo dan Tsukoyomi yang menjadikan 3 saudara tersebut sangat erat dalam membangun sebuah relasi antara dewa dan dewi.

Uniknya lagi, kata Yomi dari Tsukuyomi juga menjadi permainan kata di Jepang, atau mungkin juga di era-era Jepang lama. Yomi sendiri adalah nama Neraka di dalam kisah Jepang. Kebetulan, Tsukuyomi bersama dengan dua saudara dan saudarinya juga lahir dari Izanagi saat dia membersihkan wajahnya setelah kembali dari Yomi. Tsukuyomi terlahir dari mata kanan Izanagi ketika Dia menerapkan pembersihan sepulang dari neraka.  Tapi, dalam kisah lain dikatakan Dia terlahir dari kaca situs slot gacor yang dibentuk dari tembaga putih yang digengga oleh tangan kanan Izanagi.  Akhlaknya yang beringas seperti rela membunuh Ukemochi, menciptakan sifatnya mirip dengan Susanoo. Ada juga legenda yang hampir sama dengan legenda tsukoyomi ini seperti  Referensi lain terdapat juga yaitu adalah dewi Xihe yang dikenal didalam legenda masyarat China.

Legenda

Setelah menaiki tangga surga, Tsukuyomi tinggal di surga atau Takamagahara dengan kedua saudara lainnya. Tsukuyomi mulai bosan dan Dia pun memutuskan bagi menikahi Amaterasu. [5] Keseharian mereka berlangsung tidak sewenang-wenang mencapai pada suatu hari dia menghadiri perjamuan yang diselenggarakan oleh Ukemochi. Selama perjamuan, Ukemochi malah meresponnya dengan mengeluarkan makanan itu dari anus, mulut, dan hidungnya; seketika itulah langsung dewi makanan itu dibunuh. Hal inilah yang mengakibatkan bahan isi seperti beras dibentuk menjadi sangat diperlukan di bumi.

Tsukoyomi Dalam Naruto

Kita coba bandingkan dengan Tsukuyomi milik Itachi. Dalam keterangannya saja, bahkan teknik Tsukuyomi disebut berkaitan dengan dunia mimpi dan dunia spiritual (精神界と闇, Seishinkai to Yami). Itachi akan membawa targetnya untuk masuk dalam ilusi yang menyeramkan dan berulang-ulang, lalu akan merusak pikiran targetnya.

Bagaimana dengan Mugen Tsukuyomi? Jutsu yang ini sangat jelas dan berkaitan dengan legenda Tsukuyomi di Jepang. Seperti yang dikatakan di atas, Dewa Bulan Tsukuyomi akan membimbing manusia dalam dunia mimpi